Cari Artikel

Minggu, 31 Juli 2011

Agar Makanan Panggang Tak Picu Kanker

daging panggang (dok. corbis)

Saat libur atau ada acara kumpul keluarga, aktivitas memanggang makanan bersama memang seru. Tetapi, tentu Anda sudah tahu kalau makanan yang dipanggang mengandung zat karsinogen pemicu kanker.


Ketahui cara mudah mengurangi zat pemicu kanker pada makanan panggang.


Agar makanan yang Anda bakar tetap sehat sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan. Denise Snyder, peneliti gizi dari Duke School of Nursing, Amerika Serikat, membagi trik mudah untuk mengurangi zat karsinogen pada makanan yang dipanggang. Berikut lima triknya, seperti dikutip dari Bon App├ętit Magazine:

1. Tambahkan menu sayur
Jangan hanya memanggang daging atau ikan. Panggang juga sayuran sebagai makanan pendamping. Beberapa sayur justru memiliki rasa yang lebih lezat jika dipanggang. Seperti tomat, jagung atau paprika.

2. Jangan terlalu lama

Perpendek waktu memanggang dengan menggunakan termometer khusus untuk pemanggang. Ini untuk memastikan makanan tidak terlalu lama dipanggang.

3. Jangan lupa balik makanan
Agar makanan yang dipanggang tidak terlalu hangus hingga menghitam, baliklah secara teratur. Bukan hanya menghindari makanan menjadi hitam dan mengurangi zat karsinogen, tetapi juga agar matang merata.

4. Hilangkan lemak

Jika memanggang daging, sebaiknya hilangkan lemaknya. Atau setidaknya kurangi, karena lemak pada daging membuatnya mudah menghitam.

5. Marinasi

Rendam daging, ikan atau makanan lain yang akan dipanggang dengan saus marinasi. Diamkan hingga saus meresap. Bukan hanya agar rasanya lebih nikmat tetapi juga bisa mengurangi zat pemicu kanker.
• VIVAnews

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar