Cari Artikel

Rabu, 03 Agustus 2011

Cara hentikan Tangisan Bayi

Cara hentikan Tangisan Bayi, Menjadi orangtua baru , belum memiliki pengalaman merawat bayi terkadang bikin emosi ayah bunda nya pasang surut. Melihat bayi nya tersenyum merasa mendapat hal yang luar biasa, tapi ketika melihat nya menangis perasaan cemas campur bingung tidak tahu harus berbuat apa.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menenangkan diri kita sendiri. Aura kecemasan yang kita timbulkan akan dirasakan oleh sang bayi. Oleh karena itu tenangkan diri sendiri dulu barulah melakukan tindakan yang boleh dicoba seperti dibawah ini :

  • Cek apakah si kecil basah, lapar, atau mengantuk. Bisa juga ada yang dirasa kan sakit atau tidak nyaman . hal kecil seperti ini bisa membuat bayi jadi rewel.
  • Cobalah menggendong dengan ganti posisi yang berbeda. Biasanya ditidurkan diatas pangkuan tangan kita coba rubah dengan diberdirikan dan berpangku pada bahu . boleh dicoba juga dengan ditengkurapkan.
  • Belailah punggung bayi atau beri usapan pada dada, perut , kepala atau kaki nya. Sentuhan tangan orangtua bisa member kenyamanan pada sang bayi.
  • Ayun ayun ringan sang bayi juga boleh karena gerakan ini mengingatkan bayi ketika masih didalam perut ibunya (janin).
  • Bila orangtua nya mempelajari cara pijat bayi, bisa dipraktekkan.
  • Berusaha bernyanyi atau senandung kecil sambil menepuk nepuk pantat atau bahunya.
Bila semua ini sudah dilakukan dan bayi tak mempan tetap menagis juga, tindakan terakhir adalah coba letakkan bayi di dalam tempat tidurnya dan tinggalkan sejenak. Selain orangtua nya bisa menarik nafas sejenak untuk menghindari stress dan emosi, bayi pun juga merasa lelah dan tidak merasa nyaman oleh sentuhan orangtuanya. Jangan salah loh…walaupun bayi, dia juga butuh waktu untuk dia sendiri. Bila sudah mengantuk dan cape bayi pun akan tidur sendirinya….
source: http://anaqita.blogspot.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar