Cari Artikel

Sabtu, 06 Agustus 2011

Mengelola Stress

health-stress
Mengelola Stress, Stress sebenarnya dapat diatasi dengan mengenali penyebabnya , agar tidak sampai menimbulkan gangguan fisik dan psikis.
Pada umumnya stress dipicu dari berbagai kejadian sebagai berikut :
@ Meninggalnya seseorang yang disayangi
@ Kegagalan
@ Konflik keluarga seperti perceraian atau pertengkaran orang tua
@ Tuntutan kesempurnaan dari pekerjaaan, sekolah , atau lingkungan keluarga
@ Penyakit yang menimpa anggota keluarga
@ Suasana baru karena pindah rumah atau sekolah atau tempat kerja
@ Kemacetan
@ Pengaruh teman atau gang
@ Perubahan mood atau suasana hati tidak stabil
Beberapa orang sering merasa stress karena tugas yang banyak , namun diburu tenggat waktu terbatas . Jalan keluarnya bisa dengan mengatur waktu. Jangan membiasakan menunda mengerjakan tugas , karena ketika tugas itu bertumpuk , stress pun bisa datang. Orang sering merasa stress karena kemacetan . Maka cobalah mengatur waktu dengan berangkat lebih awal atau mencari jalan alternatif. Rasa sedih karena berkabung adalah sesuatu yang wajar terjadi apabila kita mengalami kehilangan seseorang yang sangat kita sayangi . Biasanya reaksi sedih tersebut akan berakhir seiring dengan berlalunya waktu. Namun ada juga cara yang bagus untuk berjuang melawan stress..
large_image528864617
Cara yang oke adalah dengan menelusuri hobi yang mungkin di waktu lalu terpinggirkan karena berbagai kesibukan . Salah satu hobi yang baik adalah berolahraga . Olahraga sangat baik untuk tubuh dan pikiran . Aktifitas fisik membuat tubuh melepaskan hormon endorphin yang bisa membuat  merasa tenang dan nyaman . Kita bisa mencoba jogging , bersepeda ,badminton , atau mengajak teman bermain futsal atau bowling . Selain olahraga , menghabiskan waktu  nonton , jalan-jalan ke mall , atau makan di restoran bersama temanbisa membuat kita lebih santai sehingga stress bisa terkendali . Hobi lain yang bagus adalah membaca novel yang kita sukai , memasak , atau belajar membuat blog sendiri .   Dan jangan lupa untuk selalu berpikir  dan berperilaku positif , serta melakukan pendekatan spiritual  dengan cara rajin berdoa dan beribadah sesuai agamanya masing-masing.
Pengelolaan stress dengan baik justru bisa mendatangkan nilai yang positif . Misalnya soal pembuatan target . Jika target itu dianggap sebagai beban , maka kita bisa stress . Tetapi jika target dianggap sebagai tantangan , maka  hidup jadi lebih menggairahkan.
Stress bisa menjadi motivator untuk meraih prestasi , asal kita bisa mengelolanya . Jadi kelolah  stress dengan baik…
Kalau merasa stress datang , berbagi ceritalah dengan seseorang yang dekat dengan kita, seperti orang tua , pasangan hidup , atau teman . Bagus juga untuk saling bercanda dengan orang lain , pergi jalan-jalan atau berlibur dengan teman-teman . Dan jangan mengatasi stress dengan cara yang tidak sehat seperti minum alcohol dan ngedrugs.
yoszuaccalytt.blogdetik.com 

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar