Cari Artikel

Rabu, 03 Agustus 2011

Menyusui Bayi Kembar


Mendapatkan bayi kembar biasanya sangat diidamkan oleh orang tua. Banyak para ibu yang ingin mendapatkan bayi kembar. Biasanya untuk mendapatkan bayi kembar harus memiliki riwayat keturunan kembar. Jika Anda memiliki kakek atau buyut yang kembar, ada kemungkinan Anda juga mendapatkan bayi kembar.
Tidak selalu mudah merawat anak kembar apalagi jika anak kembar Anda adalah anak pertama. Yang jelas Anda pasti akan repot mengurusi dua bayi sekaligus. Mulai dari menyusui bayi tersebut. Menyusui satu bayi saja terkadang merupakan pekerjaan yang sangat melelahkan bagi ibu muda, apalagi dua bayi sekaligus yang harus disusui.
Oleh karena itu Anda dapat melihat tips berikut ini:
  1. Menyusui bayi secara bersamaan. Menyusui secara bergantian hanya akan membuat salah satu bayi Anda rewel. Saat anda menyusui satu bayi misal kakak atau adiknya, biasanya salah satunya tidak akan sabar menunggu. Oleh karena itu Anda harus mempunyai trik menyusui bayi kembar Anda. Anda pangku kedua anak kembar anda, kalau bisa cari posisi di depan jendela karena Anda dapat menikmati pemandangan. Dengan begini Anda bisa lebih sedikit santai. Secara psikologis jika sang ibu menyusui dapat rileks maka air susu yang dikeluarkanpun akan banyak. Anda tak perlu mengkhawatirkan apakah ASI cukup untuk kedua anak kembar Anda. Karena semakin banyak jumlah ASI yang dikonsumsi oleh bayi, semakin banya pula yang diproduksi oleh tubuh.
  2. Bantu dengan susu formula jika diperlukan . Bantuan susu formula dibutuhkan jika Anda memiliki bayi lainnya. Misalnya saat anak kembar Anda baru berusia 18 bulan, Anda memiliki bayi lagi. Kemungkinan Anda akan membutuhkan bantuan susu formula agar kebutuhan susu bayi anda terpenuhi. Bagi ibu menyusui saat menyusui bayi adalah saat yang sangat membahagiakan, tetapi jika tidak terpenuhi tidak ada salahnya menambah dengan susu formula.
  3. Libatkan orang lain. Anda pasti akan sangat lelah di minggu-minggu pertama. Tidak ada salahnya melibatkan orang lain untuk membantu. Selain suami tercinta, Ibu Anda juga dapat membantu pekerjaan lainnya. Atau anda juga bisa menyewa pengurus bayi untuk menyiapkan baju dan popok bayi serta kebutuhan lainnya. Atau pembantu untuk membantu membersihkan rumah, mencuci, menggosok, dan lain-lain.
  4. Ikhlas dan syukuri kondisi. Rasa syukur kepada Tuhan akan dapat membuat pekerjaan menyusui dan pekerjaan lainnya menjadi mudah anda lakukan. Karena dengan bersyukur nikmat kita akan ditambah oleh Tuhan. Jangan pernah cemas atau khawatirkan tentang biaya yang akan anda keluarkan. Karena rezeki anak sudah diatur oleh Tuhan dan jika kita bersyukur dan tetap berusaha Insya Allah tidak akan pernah kekurangan uang.
source:  http://bayi.co/merawat-bayi/menyusui-anak-kembar/

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar