Cari Artikel

Rabu, 10 Agustus 2011

Perlukah Anak Melakukan Diet?

Perlukah Anak Melakukan Diet?, Beberapa anak ada yang memiliki berat badan berlebih atau bahkan hingga obesitas. Kondisi ini kadang membuat orangtua bingung apakah anaknya harus melakukan diet atau tidak. Perlukah anak melakukan diet?

Diet biasanya diartikan sebagai salah satu upaya untuk menurunkan berat badan dengan cara membatasi jumlah kalori atau jenis makanan tertentu. Namun anak tidak perlu atau sebaiknya tidak melakukan hal tersebut.

Hal ini karena anak-anak masih dalam tahap pertumbuhan dan berkembang. Selama waktu itu ia memerlukan berbagai jenis makanan sehat untuk menjaga agar pertumbuhan dan perkembangannya optimal, seperti dikutip dari Kidshealth, Kamis (30/6/2011).

Kelebihan berat badan memang bisa menyebabkan masalah kesehatan. Tapi anak-anak bisa membahayakan kesehatannya jika melakukan sesuatu secara drastis seperti melewatkan waktu makan atau memutuskan hanya mengonsumsi beberapa makan tertentu saja.

Jika anak memang perlu menurunkan berat badannya, maka sebaiknya kunjungi ahli gizi yang bisa menjelaskan bagaimana cara mengurangi kalori dengan aman dan anak masih bisa mendapatkan semua nutrisi yang diperlukannya.

Satu hal yang penting adalah jangan memberikan pil, minuman khusus atau cairan lain yang mengklaim bisa menurunkan berat badan dengan cepat, karena anak masih tetap membutuhkan menu sehat dan seimbang untuk pertumbuhannya.

Jadi, anak-anak tidak perlu melakukan diet tapi bisa diganti dengan pola makan sehat dan seimbang untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi, serta melibatkan lebih banyak aktivitas fisik.

Beberapa hal bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak agar memiliki berat badan yang sehat yaitu:


  1. Mengetahui berapa banyak kalori yang diperlukan oleh anak setiap harinya, sehingga orangtua bisa menyediakan makanan sehat bagi anak sesuai kebutuhan dan tetap memberikan anak buah serta sayur.
  2. Tidak mengonsumsi lebih dari 1 porsi minuman manis seperti minuman ringan, susu manis, teh manis, minuman buah atau minuman olahraga, tapi berilah air putih yang banyak untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi.
  3. Memulai konsumsi makanan sehat untuk seluruh anggota keluarga dan orangtua bisa menjadi model yang baik untuk anak
  4. Biasakan untuk makan di meja bersama-sama dan tidak di depan televisi, serta batasi waktu anak dalam menonton televisi, bermain video game atau duduk di depan komputer.
  5. Jangan menggunakan makanan sebagai hadiah untuk prestasi anak terutama fast food.
  6. Luangkan waktu untuk bisa aktif bersama anak seperti berjalan-jalan ke luar, bersepeda, jogging atau menari bersama di dalam rumah.
detikhealth.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar