Cari Artikel

Rabu, 03 Agustus 2011

Tips Menghadapi Anak Sulit Makan

Tips Menghadapi Anak Sulit Makan, Buah hati Anda susah makan atau sulit apabila dikasih makan? Ya itulah keseharian yang dialami sebagian orang tua dimana adakalanya buah hati anda tidak mau makan. Seringkali malah meminta makanan yang lain seperti jajan, sedangkan makanan pokok yang mempunyai nilai gizi yang baik susah untuk diberikan pada si kecil. Akibatnya orang tua kesal dan bingung menghadapinya hingga kerap memaksa dengan berbagai tindakan agak keras cenderung menakuti anak agar mau makan. Hal ini tentu kurang baik bagi si anak dan akan menjadikan acara makan merupakan kegiatan yang tidak menyenangkan baginya.

Pada periode menyusui mungkin hal ini tidak akan terlalu terasa menjengkelkan karena apabila anak lapar masih cukup diberikan asupan ASI atau susu formula, tetapi me menginjak 6 bulan kelahirannya, orang tua sudah mulai memberikan makanan pendamping untuk melengkapi kebutuhan gizinnya. Diperiode ini sampai anak beranjak semakin besar dimana makanan tambahan yang diberikan semakin kasar dan dimasak sendiri, bisanya mulai muncul masalah kesulitan memberikan makan karena anak sudah hafal dengan makanannya dan mulai mengetahui makanan lain seperti jajanan, hingga anak menjadi sulit makan.

Penyebab anak sulit makan sangat beragam. Bisa karena gangguan penyakit, gangguan psikologis, maupun pembendaharaan citarasa yang terbatas. Untuk mengatasi bisa dilakukan beberapa cara agar selera makannya dapat terjaga terus menerus.

Menghadapi anak sulit makan, haruslah pandai-pandai bersiasat. Buatlah bentuk yang menarik untuk membangkitkan selera makannya, atau variasikan bahan yang digunakan. Tentu saja,nilai gizinya tetap harus diperhatikan.


Berikut Tips Menghadapi anak yang susah makan.
• Ciptakan suasana yang menyenangkan, jangan ada unsur paksaan sehingga menimbul kesan makan menjadi sesuatu yang menjengkelkan.
• Anda bisa bereksplorasi sendiri dengan mengikuti kesukaan anak terlebih dahulu, misalnya jika anak sedang bermain, bisa diarahkan dengan melibatkan unsur makanan dalam permainan tersebut.
• Ciptakan resep baru pada bahan-bahan yang tak disukai anak, misalnya anak tidak menyukai sayur, buatlah makanan dengan bahan sayur yang disulap menjadi makanan yang menggugah seleranya. Atau mungkin saja anak tidak menyukai nasi, sajikan nasi dengan cara menghias seperti boneka, badut, atau karakter binatang, bunga, dan sebagainya.
• Lakukan variasi menu makanan agar anak lebih tertarik mencoba makanan baru dengan bentuk yang atraktif.

Demikian tips tersebut semoga berguna bagi Anda para orang tua yang mempunyai kesulitan dalam menghadapi anak yang susah makan.
source: anaqita.blogspot.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar