Cari Artikel

Senin, 26 September 2011

Kegiatan Seru untuk Mengalihkan Perhatian Anak

Anda bisa leluasa mengerjakan pekerjaan di rumah, sambil mengasuh anak di bawah lima tahun dengan mudah. Caranya, ciptakan kegiatan seru yang mengasyikkan dan mengalihkan perhatiannya dari Anda. Jangan heran jika anak sibuk sendirian dengan kegiatannya, sementara Anda bisa dengan tenang menyelesaikan pekerjaan.

Sebelumnya, pastikan Anda memiliki kotak khusus yang menampung semua perlengkapan kegiatan anak ini. Simpan dan keluarkan kotak khusus ini sewaktu-waktu Anda membutuhkan ketenangan bekerja di rumah, sementara anak punya kegiatan seru sendirian.

Isi kotak tersebut dengan perlengkapan seperti lem, selotip, spidol, gunting yang aman untuk anak-anak, stiker, kertas bekas. Anda juga bisa memasukkan bekas undangan, katalog mainan anak yang sudah tak terpakai, amplop berukuran besar dan berwarna, apa pun yang bisa dijadikan bahan kreativitas anak nantinya. Masukkan juga potongan gambar dari katalog atau foto Anda ke dalam kotak tersebut.

Permainan untuk anak 18 bulan ke atas
Untuk anak satu tahun ke atas, Anda bisa menyiapkan sejumlah pilihan permainan. Seperti kegiatan menempel, dengan perlengkapan seperti post-it berwarna, kertas karton, stiker, dan krayon. Ada lima cara bermain kreatif untuk anak dengan perlengkapan ini:

1. Tempelkan kertas warna-warni tersebut di dinding atau di samping meja kerja Anda, dan minta anak Anda untuk mencopotnya dan memasangnya kembali, selama beberapa kali. Kegiatan ini akan menyibukkan anak Anda, selagi Anda menyelesaikan pekerjaan. Ia juga belajar mengenali warna dari kegiatan ini.

2. Minta anak Anda menggambar benda atau apa pun yang disukainya di kertas tempel tersebut dengan krayon. Lalu minta anak Anda mendekorasi pintu kamar dengan menempelkan ragam gambar pada kertas tersebut.

3. Tuliskan angka 1-20, atau huruf alfabet, atau huruf dari nama anak Anda, di setiap kertas tempel tersebut. Lalu acak kertas, dan minta anak Anda mengurutkan kembali kertas-kertas bertuliskan angka atau huruf itu sesuai urutan yang benar.

4. Jika anak Anda sudah bisa menghitung namun belum mengenali angka, gunakan gambar bintang untuk membantunya menghitung. Gambarkan satu bintang pada satu kertas, dua bintang pada satu kertas lainnya, dan seterusnya. Lalu minta Anak Anda mengurutkan kertas sesuai jumlah bintang tersebut, sehingga membentuk deretan angka.

5. Anda bisa mengasah kemampuan menulis anak sekaligus mengenal huruf dan kata melalui permainan yang satu ini. Kali ini Anda membutuhkan kertas karton dan stiker. Tuliskan satu huruf berbeda di setiap kertas. Lalu minta anak Anda menuliskan kata yang dimulai dari huruf-huruf tersebut di stiker. Kemudian minta anak menempelkan stiker tersebut di kertas tadi. Misalnya, Anda menuliskan huruf K besar di kertas. Lalu anak Anda menuliskan kata "Kucing" di stiker, dan menempelkan stiker tersebut di kertas bertuliskan huruf K tadi.
kompas.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar