Cari Artikel

Jumat, 23 September 2011

Membantu Bayi yang Baru Bisa Duduk

Membantu Bayi yang Baru Bisa Duduk
      Karena bayi belum memiliki kekuatan untuk membenarkan posisi badannya apabila ia roboh, tubuh yang terjatuh ke belakang atau kesamping merupakan konsekuensi dari duduk dengan benar. Buah hati Anda akan belajar cara untuk duduk dengan benar apabila ia ditinggal sendirian. Tetapi apabila Anda membantu buah hati Anda menikmati pengalamannya untuk duduk pertama kali, maka ia akan menyadari pemandangan menarik yang ia miliki dalam posisinya dan akan lebih menikmati kecakapannya yang sedang berkembang. Berikut ini adalah cara yang dapat membantu :
  • Letakkan bantal di sekeliling bayi untuk menjaga agar bayi tidak ke samping atau ke belakang. Tidak ada yang lebih menakutkan bagi bayi selain jatuh ke permukaan yang keras dan memadamkan motivasinya untuk duduk.
  • Untuk memperkokoh posisi bayi yang baru dapat duduk, taruh bayi pada karpet busa berbentuk tapal kuda yang bisa dibuat sendiri.
  • Didaerah pantai, lakukan pada area yang dipenuhi pasir. (Tutupi pasir dengan alas apabila Anda tidak mengingingkan pasir itu masuk ke mata, mulut, dan popok).
  • Ketika Anda berdua sedang bermain di lantai, dudukkan bayi diantara kaki Anda yang terjulur sehingga dapat dipergunakan sebagai rel pegangan.
  • Gunakan interaksi dengan mainan untuk membantunya mempelajari keseimbangan. Ketika dia diajak menggunakan tangannya untuk meraih mainan, bayi yang baru bisa duduk "lupa" untuk menggunakan tangannya sebagai penjaga keseimbangan dan belajar untuk terus menerus bersandar pada otot tubuhnya sebagai penjaga keseimbangan.
  • Bila bayi terus-menerus menggunakan tangannya sebagai penopang, taruhlah balok di depannya untuk memotivasi ia mengangkat lengannya dari lantai dengan cara meraih balok tersebut.
  • Untuk mendorong bayi melakukan permainan tangan, gantungkanlah mainan kegemarannya, setinggi mata, di depan bayi. Kemudian, goyangkan mainan itu ke segala arah guna menggoda bayi untuk menggerakkan lengannya ke arah mainan ketika ia duduk.
Selama menjalani latihan keseimbangan itu, perhatikanlah bagaimana bayi menggunakan lengannya untuk memperoleh keseimbangan. Pertama-tama, bayi akan meraih mainan dengan satu tangan sementara tangan yang satunya dijulurkan guna menjaga keseimbangan. Saat keseimbangan bertambah, perhatikan bagaimana bayi meraih mainannya ke satu sisi dengan kedua tangannya dan menarik tubuhnya ke belakang tanpa harus terjatuh.
source: melindahospital.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar