Cari Artikel

Jumat, 23 September 2011

Pijat Bayi Sangat Bermanfaat

Pijat Bayi Sangat Bermanfaat
      Pijat bayi, kenapa tidak? Anda mungkin salah satu penggemar pijat. Segala keletihan, pegal-pegal serta rasa stres seolah hilang setelah Anda dipijat. Namun tahukah Anda, ternyata pijat tak hanya dibutuhkan oleh orang-orang dewasa karena seorang bayi pun ternyata butuh dipijat. Apa saja manfaat yang terkandung dari pemijatan untuk seorang bayi ?
Meningkatkan sistem imunitas
Pada seorang bayi, sistem imunitas atau daya tahan tubuh terhadap penyakit masih belum sempurna. Dengan pijatan akan menyeimbangkan sistem imunitasnya serta merangsang produksi sel darah putih sehingga bayi menjadi lebih sehat.
Merangsang otot
Dengan melakukan pijatan pada seorang bayi, maka akan merangsang otot-ototnya untuk menjadi semakin kuat serta lebih berkembang.
Mengurangi rasa sakit
Seorang bayi belum dapat mengungkapkan apa yang dirasakannya seperti rasa sakit dan ketidaknyamanan tubuhnya, akibat sering digendong dengan posisi yang salah atau berganti-ganti orang yang menggendongnya. Pijatan yang Anda lakukan tentu dapat mengurangi rasa sakit si kecil akibat hal-hal tersebut.
Menaikkan berat badan
Bayi yang mengalami kekurangan berat badan sangat dianjurkan untuk mendapatkan pemijatan, karena pijatan yang merangsang kulit, syaraf serta otot dapat membantu bayi untuk memproduksi hormon-hormon yang diperlukannya, termasuk hormon yang membantu menaikkan berat badan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Touch Research Institute di Miami, Amerika Serikat, juga menguatkan hal tersebut dengan hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa bayi yang dipijat sejak lahir akan meningkat berat badannya sebesar 47%.
Menurunkan stres
Seperti juga orang dewasa bayi juga dapat menderita stres, hanya saja mereka belum dapat mengungkapkannya. Stres pada bayi biasanya disebabkan oleh kebutuhannya yang tidak terpenuhi. Dengan memijatnya, maka tubuh seorang bayi akan mengalami penurunan hormon kortisol yang ditengarai sebagai penyebab stres.
Menenangkan bayi
Pijatan yang dilakukan terhadap seorang bayi dapat membuatnya tenang serta membantunya untuk tidur lebih nyenyak. Hal ini cukup penting, terutama bagi bayi-bayi yang baru lahir.
Menguatkan ikatan psikologis
Saat dipijat, tubuh bayi akan mengeluarkan hormon oksitosin yang akan memperkuat ikatan psikologis antara sang bayi dengan ibunya. Selain itu, bayi juga akan merasakan kasih sayang melalui sentuhan tangan ibunya. Maka dari itu, sebaiknya pijat sendiri si kecil jika Anda telah mengetahui teknik-teknik pijat bayi dibandingkan Anda harus menyerahkan pemijatan pada tangan yang lebih ahli.
Selamat mencoba.
source: melindahospital.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar