Cari Artikel

Jumat, 23 September 2011

Susu Formula yang Baik Bagi Si Kecil

Susu formula yang baik adalah jalan terakhir ketika ibu akhirnya memutuskan untuk tidak memberikan ASI pada bayinya. Bagi Anda yang hampir sampai pada keputusan ini, paling tidak Anda sebaiknya mulai mengenali susu formula berdasarkan jenis dan cara mengkonsumsinya. Tentu semata-mata agar Anda lebih dapat bersiap diri nantinya.
      Untuk mulai menentukan mana susu yang paling cocok, memilih susu formula yang baik bisa dimulai dari susu yang paling umum yaitu susu formula dari susu sapi. Bagi Anda yang akan memilih susu formula jenis ini, Anda sebaiknya memperhatikan riwayat alergi dalam keluarga, karena bayi yang diare atau muncul gejala-gejala lain pada tubuhnya, besar kemungkinan mengalami alergi akibat susu formula tersebut.
      Lalu ketika bayi Anda terserang alergi, kembali meminum ASI atau memilih susu formula jenis lain mesti dilakukan. Susu formula yang baik dan dapat dipilih disini adalah susu hipoalergenik. Dengan kandungan protein yang lebih mudah dicerna perut, tubuh bayi Anda akan lebih mudah menuntaskan diare atau alergi yang menyerangnya.
      Sedang susu formula jenis soya, dipilih berdasarkan kebutuhan protein yang tinggi, sekaligus lebih aman terhadap serangan alergi. Namun untuk memilih susu formula jenis ini, Anda sebaiknya menyiapkan dana cukup besar setiap bulannya, karena harga jual susu formula soya lebih mahal ketimbang susu formula biasa.
      Namun beberapa bayi lain bukan berhadapan dengan alergi, tetapi ketidakmampuan mencerna laktosa akibat kadar gula dalam darahnya tidak memiliki enzim untuk mengolah laktosa. Hampir serupa dengan terserang alergi, bayi akan mengalami diare berkepanjangan, dan baru dapat dihentikan ketika Anda memilih susu formula yang baik dengan rendah laktosa.
      Selanjutnya, jika beberapa bulan Anda sudah memilih susu formula yang baik dan cocok dikonsumsi bayi Anda, susu formula lanjutan dapat diberikan dengan tujuan memberikan bayi lebih banyak kandungan gizi sesuai usianya. Susu formula lanjutan sendiri sudah mulai dapat diberikan sejak bayi usia 6 bulan, tetapi sebaiknya diberikan bila bayi sebelumnya tidak mengalami alergi berkepanjangan.
      Terakhir, Anda juga dapat memberikan susu formula khusus sebagai solusi bagi bayi dengan problem pencernaan. Misalnya, bagi bayi yang tubuhnya tidak mampu menyerap karbohidrat, lemak, protein, atau zat gizi lainnya, Anda dapat memilih susu formula yang baik dan khusus sebagai konsumsi bayi. Namun selain dijual dengan harga paling mahal dibanding susu formula jenis lain, pemberian susu ini juga mesti mengikuti saran dari dokter yang terus-menerus memantau kondisi bayi.
      Dan dari sekian jenis susu formula di atas, semoga Anda dapat memilih susu formula yang baik bagi bayi Anda. 
source: melindahospital.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar