Cari Artikel

Jumat, 21 Oktober 2011

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil butuh nutrisi ekstra selama kehamilannya. Bahkan dibutuhkan sekitar 250-350 tambahan kalori mulai dari trisemester kedua kehamilan dimana janin sedang dalam masa pertumbuhan yang pesat. Untuk itu dianjurkan bagi para ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan kaya kalori yang biasanya disebut dengan makanan super. Berikut beberapa jenis makanan yang masuk dalam kategori makanan super yang bagus dikonsumsi oleh para ibu hamil.
Buah beri
Berbagai jenis buah beri, khususnya yang berwarna gelap seperti blueberi dan blackberi kaya akan zat phytonutrien yang berfungsi untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan folat yang terdapat dari buah beri juga sangat penting bagi perkembangan janin, demikian juga kandungan karbohidrat yang juga baik bagi tubuh. Sementara vitamin C dan potasium pada buah beri penting untuk pertumbuhan bayi.
Telur
kandungan protein dalam putih telur mengandung asam amino yang baik untuk kesehatan bayi. Tak kalah penting juga yaitu kandungan mineralnya seperti lutein, choline dan asam lemak omega 3 yang merupakan komponen penting untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan kemampuan melihat pada bayi.
Kacang-kacangan
Legume adalah zat yang banyak terkandung dari makanan jenis kacang-kacangan. Didalam legume banyak terdapat serat, zat besi, protein, folat, zinc, dan kalsium yang merupakan elemen-elemen penting untuk mengoptimalkan kesehatan bayi.
Susu
Susu kaya akan vitamin D, kalsium, dan fosfor yang merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang ibu dan janin. Selain itu, susu juga banyak mengandung vitamin B, vitamin A, serta protein.
Daging
Untuk mengptimalkan perkembangan otak janin, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi daging. Kandungan niacin, protein, klolin, vitamin B6 dan B12 serta zinc dalam daging bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi kognitif janin sekaligus membantu perkembangan otot janin.
Keju
Seperti halnya susu, keju yang telah melalui proses pasteurisasi banyak mengandung kalsium dan fosfor yang baik bagi kesehatan tulang ibu dan janin. Selain itu kandungan magnesium, protein, dan vitamin B12 nya sangat penting untuk perkembangan janin.
Gandum utuh
Kandungan zat penting dalam produk gandum utuh seperti zat besi, zinc, vitamin B dan asam folat merupakan komponen penting untuk pertumbuhan otak janin serta mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi.

Ikan laut

Ikan laut seperti salmon dan sarden kaya akan asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk melindung sel otak dan baik untuk perkembangan penglihatan bayi. Selain itu vitamin B serta protein yang terdapat dalam ikan tersebut baik untuk perkembangan janin.

Plain Yogurt

Plain Yogurt tidak hanya kaya akan zinc, protein, dan vitamin D tetapi juga banyak mengandung kalsium bahkan melebihi kalsium yang dikandung susu.
Brokoli
Brokoli merupakan sayuran yang kandungan nutrisinya baik untuk ibu dan bayi. Asam folatnya penting bagi perkembangan janin, sementara serat dan kalsiumnya penting bagi sistem pencernaan dan kesehatan tulang. Selain itu kandungan lutein dan karotin nya baik untuk penglihatan bayi. Ditambah lagi kandungan potasiumnya yang bagus untuk kesehatan hati dan tekanan darah. Brokoli juga mengandung vitamin A yang baik bagi ibu dan janin.
Selain makanan super diatas, sebaiknya ibu hamil juga menghindari makanan yang banyak mengandung penguat rasa dan MSG, serta berbagai makanan proses lainnya. Hal tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan bayi anda. Sebaliknya pilihlah sayuran, dan buah-buahan yang segar serta lendah lemak yang lebih bermanfaat bagi ibu dan janin.
source: kafebalita

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar