Cari Artikel

Minggu, 09 Oktober 2011

Tanda-tanda Bayi Siap Makan Padat

 Bayi yang semula selalu makan makanan yanng lembek, seiring dengan waktu berjalan akan siap dengan sendirinya untuk makan makanan yang padat berikut ini adalah tanda tandanya.
Tanda umumnya adalah :
  1. Berat badan bayi sudah mencapai 2 kali berat lahir.
  2. Bayi sudah bisa duduk dengan disangga yang memungkinkan ia untuk maju ketika ia ingin makan dan mundur apabila ia menolak.
  3. Bayi sudah bisa mengontrol kepala dan lehernya, dan bisa menoleh ketika ia menolak makan.
  4. Bayi sudah berhenti menunjukan  “extrusion Reflex” dimana jika anda meletakan sendok pada mulutnya makanan yang ia masukkan keluar lagi dari mulutnya.
  5. Bayi  dapat memasukan sesuatu kemulutnya.
  6. Terlihat tertarik dengan orang yang makan disekitarnya.
  7. Mulai bangun dimalam hari setelah tidur nyenyaknya (ini bukan indicator terbaik untuk menandakan bayi anda siap diberi makanan padat).
Kapan  sih bisa di mulai MPASI (Makanan Pendamping ASI)?
Menurut rekomendasi AAP, WHO dan WABA Bayi tidak membutuhkan makanan padat sampai ia berumur 6 bulan. Asupan yang optimal dan terbaik untuk bayi adalah ASI. Karena dengan ASI kebutuhan kalori dan nutrisi bayi akan terpenuhi dalam 6 bulan awal kehidupannya. Pada saat bayi berusia 6 bulan, pencernaannya sudah lebih siap untuk diberikan makanan padat.
Harap diingat, bayi biasanya mengalami Growth Sprut (Percepatan Pertumbuhan) pada usia 3 – 4 bulan. Biasanya  bayi mengalami peningkatan nafsu makan tapi bukan berarti ia butuh makanan padat. Solusinya adalah dengan menyusui lebih sering Dan biasanya 1 -2 minggu sudah kembali seperti biasa.

Kenapa pemberian makanan padat ditunda hingga usia 6 bulan?
  1. Bayi memiliki “Tounge  Thursting Reflex” dari lahir sampai ia berusia 4 – 6 bulan. Setiap makanan yang diletakan dimulutnya akan dimuntahkan kembali.
  2. Lebih awal memberikan makanan padat pada bayi dapat menyebabkan obesitas dikemudian hari.
  3. Lebih awal memberikan padat pada bayi dapat menimbulkan alergi dikemudian hari.
  4. Memberikan makanan padat pada bayi dapat mengurangi minat bayi pada payudara. Padahal sampai 12 bulan ASI adalah makanan utama untuk bayi sedangkan MPASI hanya merupakan tambahan.
  5. Keuntungan lain menunda pemberian makanan padat sampai bayi bisa menunjukan keinginannya akan makanan adalah bayi bisa berpatisipasi dan menikmati proses makan.

Sumber : AIMI-asi.org

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar