Cari Artikel

Rabu, 09 November 2011

Bermain Mengenal Profesi

Dunia anak adalah dunia bermain. Hal itu sudah banyak disadari oleh para orangtua. Tak sekedar permainan tradisional yang sudah dikenal masyarakat. Anak juga butuh permainan yang dapat mengasah diri dalam kegiatan di masyarakat, sehingga bisa membentuk pola pikir mengenai kehidupan di masa yang akan datang.

Sekarang banyak fasilitas yang dapat membantu anak bukan hanya mendapatkan kesenangan saja tapi juga pendidikan dan gambaran profesi di masa depan.

Salah satunya, Kidzania. Tempat hiburan yang memiliki konsep kota kecil menyuguhkan kegiatan dan fasilitas seperti halnya kota sungguhan.

Kepala Bidang Marketing Kidzania, Ari Kartika mengatakan, disana ada banyak paviliun dimana anak-anak dapat berperan menjadi orang dewasa dan bekerja di lebih dari 70 jenis pekerjaan.

"Mereka bisa belajar menjadi koki, mekanik, model, dokter, pelukis, aktor hingga pembaca berita. Semua dikonsep seperti kenyataan namun dapat dimengerti dan dinikmati anak," ungkapnya sela acara peresmian Science Laboratorium Yakult di Kidzania, Jumat (14/11).

Ari menekankan, Kidzania tidak hanya seru dan menghibur. "Anak-anak benar bisa mempelajari hal-hal baru, menerapkan pengetahuan yang mereka dapat dari sekolah dan menghargai kegiatan dan pekerjaan yang mereka jalankan," imbuhnya.

Bagi orang tua, khususnya ibu yang gemar belanja atau sekedar jalan-jalan di mal, membawa anak merupakan hal yang lebih banyak memberikan nilai kesia-siaan. Kidzania yang berada di mal, bisa memfasilitasi orang tua memberikan anaknya kegiatan yang lebih berguna daripada ikut berbelanja.

"Makanya konsep kami ada di mal, agar orang tua yang belanja, tidak khawatir dan anak-anaknya tetap mendapatkan edukasi di Kidzania," ungkap Ari.

Kini anak-anak juga dapat belajar tentang pola hidup sehat di Kidzania melalui Science laboratorium Yakult. Laboratorium itu juga bisa menjadi tempat untuk anak belajar tentang bakteri-bakteri penting.

Presiden Direktur Yakult Jakarata, Mr. Ueno mengatakan, laboratorium itu dirancang mendekati science laboratorium profesional orang dewasa agar anak-anak benar-banar dapat melakukan aktivitas science seperti kehidupan nyata.

Dia menuturkan, di laboratorium tersebut anak-anak akan menjadi seorang ilmuwan yang akan meneliti dan membedakan antara bakteri jahat dan bakteri baik. "Agar di usia remaja nanti akan tumbuh kesadaran akan pentingnya menerapkan pola hidup sehat," pungkasnya.

Pihak Kidzania mengatakan, sebagaimana layaknya pekerja maka anak-anak yang telah menyelesaikan pekerjaanya sesuai dengan prosedur standar akan mendapatkan gaji dari mata uang resmi Kidzania sebesar 10 Kidzos.

Laboratorium itu dibangun di Independen Avenue, Kidzania Jakarta dengan luas 16 m2. Anak-anak akan menghabiskan waktunya selama 25 menit dengan ditemani dua orang supervisor yang bertugas mengawasi.
source: republika.co.id

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar