Cari Artikel

Kamis, 24 November 2011

Saluran Cerna Awal Imunitas

Sistem kekebalan tubuh manusia dibangun diawali sejak lahir dan berkembang sejalan dengan pertambahan usia.

Sayangnya, pengetahuan masyarakat akan informasi tersebut cenderung kurang. Padahal membangun imunitas anak sejak dini akan menentukan kualitas kesehatan anak hingga dewasa.

Menurut Ketua Divisi Imunologi, Bagian Ilmu kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RS Cipto Mangunkusumo, Dr. Zakiudin Munasir Sp.A, masyarakat perlu memahami arti imunitas karena banyak informasi mengenai imunitas yang tersedia bagi konsumen sebagian kurang akurat.

Padahal sistem imunitas sangat penting bagi kesehatan. "Sistem imunitas yang sempurna dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti gangguan pada saluran nafas serta berbagai macam infeksi," ujarnya dalam acara yang diadakan Nutrilon Royal 3 di Jakarta, Rabu (22/10).

Menurut Zakiudin, pemberian gizi yang seimbang akan membantu pembentukan sistem kekebalan tubuh. "Jangan menyepelekan masalah gizi pada anak karena berkaitan dengan perkembangan kesehatan anak di masa depan. Percuma bila anak cerdas dan pintar namun kelihatan lemah," tuturnya.

Medical Manager Nutricia, Dr. Ashari Fitriansyah menjelaskan, sekitar 80 % imunitas anak terdapat di saluran cerna. Oleh karena itu, saluran cerna yang sehat merupakan awal imunitas yang baik.

Salah satu cara yang dapat dilakukan yakni dengan memberikan tambahan gizi yang diperlukan seperti pemberian prebiotik FOS (Fructo Oligosakarida) dan GOS (Galackto Oligosakarida) dengan ratio 1:9 pada level signifikan ke dalam susu anak usia bawah lima tahun (balita).

"Konsumsi susu yang mengandung prebiotik FOS dan GOS akan memberikan manfaat jangka panjang pada perkembangan anak,"ujarnya.

Menurut Ashari, komposisi prebotik unik tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat dalam saluran cerna, mengurangi pertumbuhan bakteri patogen dalam saluran cerna, menguatkan dinding saluran cerna dan selain itu juga mencegah insiden infeksi seperti infeksi saluran nafas maupun diare.
republika.co.id

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar