Cari Artikel

Senin, 21 November 2011

Tiga Diet Agar Awet Muda

Banyak cara bisa ditempuh untuk mewujudkan penampilan awet muda. Tak hanya dengan bercinta atau rutin ke salon kecantikan, makanan yang dikonsumsi juga bisa berpengaruh pada penampilan Anda.
Pola diet tepat, selain membut tubuh sehat, tapi juga bisa mencegah penuaan dini. Jika Anda ingin senantiasa tampil awet muda, praktekkan program diet berikut ini:
Diet pembatasan kalori
Salah satu tren diet terbaru adalah membatasi asupan kalori. Dengan pengurangan kalori, pelaku diet hanya mengonsumsi kalori sekitar 25 persen lebih sedikit daripada yang dibutuhkan tubuh.
Anda bisa mempraktekkan diet ini dengan menghindari makanan berlemak, kue-kue manis berbahan tepung, cokelat dan es krim. Walaupun dalam porsi kecil, makanan ini berkalori tinggi.

Selain itu, jika timbul rasa lapar dan belum saatnya makan, atasi dengan mengkonsumsi buah atau sayuran karena bahan pangan ini kaya serat yang akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Hindari juga sumber karbohidrat simpleks seperti gula, permen dan sirup. Konsumsi karbohidrat kompleks seperti kentang, nasi, roti dan jagung, jenis karbohidrat ini lebih lambat diserap tubuh.
Diet ini dapat memperpanjang umur dengan mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan usia, meningkatkan gula darah, kolesterol, dan tekanan darah. Pola makan ini juga bisa mempertahankan berat badan ideal, dan membantu mempercantik kulit.

Diet Gen

Pola diet ini menyarankan agar Anda mengontrol porsi makan, yang diimbangi dengan olahraga teratur. Jenis makanan dikonsumsi sebaiknya yang mengandung polifenol, asam lemak omega, dan berserat. Antara lain, salmon, kepiting, udang, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.
Diet ini memastikan tubuh Anda menerima semua nutrisi yang dibutuhkan untuk bekerja  optimal. Dengan begitu tubuh kebal penyakit, dan awet muda.
Diet Blue ZoneDan Buettner, penulis ‘The Blue Zones: Lessons for Living Longer’ berpendapat, 90 persen  dari berapa lama kita hidup ditentukan gaya hidup dan 10 persen lainnya didasarkan pada genetika.
Beberapa tahun belakangan, banyak ilmuwan menyimpulkan, genetika dapat diandalkan untuk memperkirakan umur seseorang berdasarkan sejarah keluarga. Penelitian Buettner selama dekade terakhir mengungkapkan, orang-orang yang tinggal di dalam wilayah Zona Biru di seluruh dunia memiliki gaya hidup lebih sehat, sehingga penduduknya bisa berumur hingga 100 tahun.
Lima daerah yang dinyatakan sebagai Zona Biru oleh Buettner, antara lain: Pulau Sardinia, Italy; Nicoya Peninsula, Costa Rica; Ikaria, Yunani; Okinawa, Jepang, dan Loma Linda, California, AS.
Namun, meskipun tidak tinggal di daerah Zona Biru, kita bisa tetap mempraktekkan pola diet Blue Zone. Diet yang berfokus pada banyak minum air, makan sayuran, mengonsumsi sedikit protein hewani dan lemak, dan membatasi mengonsumsi makanan kaya gula. Melakukan diet ini secara konsisten ditambah selalu berpikir positif, dan rajin berolahraga bisa membuat tubuh sehat dan kulit bersinar. 
• VIVAnews

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar