Cari Artikel

Senin, 05 Desember 2011

Mendidik dengan Cerita Anak

Tidak banyak orang tua yang tahu bahwa cerita anak adalah salah satu media untuk mendidik anak yang paling efektif, terutama bagi anak yang dianugrahi otak cerdas.
Semenjak dahulu kala, cerita anak digunakan oleh nenek moyang sebagai media untuk menyampaikan pesan moral atau pesan kebajikan.
Itulah sebabnya masyarakat mengenal cerita rakyat, yang diceritakan dari mulut ke mulut oleh orang-orang tua pada anak kecil.
Di masa modern pun, cerita sejenis itu, yang kemudian dinamai cerita anak, banyak ditulis dalam bentuk buku atau komik oleh pendongeng atau penulis cerita anak.
Namun, tidak semua cerita anak dapat dijadikan media untuk mendidik anak. Berikut ini adalah beberapa kriteria cerita anak yang baik, sebagai panduan bagi para orang tua agar mereka dapat memilih dan memilah mana cerita anak yang baik, dan mana yang tidak.
Pertama, cerita anak yang dapat mendidik adalah cerita yang alur ceritanya sederhana dan tidak berbelit-belit. Hal ini dimaksudkan agar anak kecil terlatih untuk berpikir sederhana dan tidak berprasangka yang macam-macam; mengingat usia mereka terlalu dini untuk berprasangka.
Kedua, cerita anak yang mendidik haruslah diluar konteks percintaan antar orang dewasa, laki-laki dan perempuan. Faktanya adalah, banyak cerita yang diklaim sebagai cerita anak, tapi menghadirkan kisah asmara antara anak laki-laki dan perempuan.
Orang tua dan pendidik yang baik harus menghindari membeli cerita-cerita semacam ini. Ketiga, cerita anak harus mengandung nilai-nilai moral yang dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.
Nilai nilai moral atau kebajikan, seperti kejujuran, kerja sama (dalam konteks yang baik), ketulusan, dan lain-lain adalah syarat utama dari sebuah cerita anak.
Apabila seorang orang tua memberi bacaan cerita anak yang memenuhi criteria seperti di atas, dia dapat dikatakan telah merawat anak dengan baik.
Pada dasarnya, memberikan mereka bacaan anak yang baik dan tepat, dengan pesan moral yang juga baik adalah salah satu usaha untuk menyayangi anak. Maka dari itu, para orang tua yang menyebut dirinya orang tua yang baik, harus memberikan bacaan seperti tersebut pada anak mereka.
pakarbayi.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar