Cari Artikel

Rabu, 03 Agustus 2011

Imunisasi Yang Wajib Diberikan Pada Bayi

Imunisasi Yang Wajib Diberikan Pada Bayi, Imunisasi adalah salah satu cara yang diberikan pada bayi untuk memberikan kekebalan bayi terhadap berbagai macam penyakit virus maupun bakteri yang ada di lingkungannya. Dengan adanya imunisasi ini diharapkan bayi akan mempunyai imun terhadap kondisi lingkungannya.
Ada beberapa imunisasi bayi yang wajib diberikan pada bayi usia dibawah satu tahun. Imunisasi-imunisasi tersebut diantaranya:
  1. Imunisasi BCG (Bacillus Calmette-Guerin). Imunisasi ini merupakan vaksinasi bayi yang bertujuan untuk memberikan kekebalan bayi terhadap penyakit Tuberculosis (TB). Di mana virus penyebab penyakit ini hidup di darah, dan untuk mencegah virus ini menyerang maka dimasukkanlah suatu jenis vaksin yang berisi bakteri yang tidak berbahaya. Imunisasi ini biasanya diberikan saat bayi berusia dibawah 2 bulan.
  2. Imunisasi Polio. Imunisasi bayi jenis polio ini bertujuan untuk mencegah dari penyakit lumpuh yang disebabkan oleh adanya virus poliomyelitis yang mempunyai tingkat penularan yang terhitung cukup tinggi. Penularan penyakit ini bisa melalui berbagai cara, bisa melalui makanan, minuman atau air ludah dari penderita penyakit polio.  Pemberian imunisasi polio ini bisa dimulai saat bayi berusia 0 tahun dan berlanjut sampai pada usia 2,4,6 bulan. Dan perlu diingat juga imunisasi bayi jenis ini selalu dibarengi dengan pemberian vaksin DPT.
  3. Imunisasi Hepatitis B. Imunisasi jenis ini bertujuan untuk mencegah anak dari penyakit yang menyerang hati, dalam taraf yang lebih tinggi akan menyebabkan pengerutan pada hati si penderita. Penyakit ini terhitung yang paling sulit untuk disembuhkan, maka dari itu salah satu cara penyembuhannya adalah dengan cara pencegahan dengan vaksin hepatitis B.  Imunisasi bayi ini bisa diberikan setelah bayi lahir dengan catatan kondisi bayi normal tidak ada gangguan pada organ dalamnya.
  4. Imunisasi Campak. Mungkin ada yang beranggapan bahwa penyakit campak tidak begitu berbahaya karena bayi sejak lahir sudah mendapatkan antibody campak yang berasal dari ibunya. Anggapan tersebut keliru karena seiring bertambahnya usia bayi antibody tersebut akan berkurang yang pada akhirnya anak tetap membutuhkan vaksin campak yang berasal dari luar. Pemberian vaksin campak ini biasanya terjadwal pada usia 9 bulan dan 6 tahun, usahakan pada pemberian vaksin campak yang pertama yaitu pada usia 9 tahun jangan sampai terlambat karena bayi menjadi rentan terserang campak seiring semakin melemahnya antibody campak dari sang ibu.
  5. Imunisasi DTP. Imunisasi bayi ini bertujuan untuk melindungi bayi dari penyakit difteri, tetanus dan pertusis. Penyakit difteri disebabkan oleh kuman Corynebacterium diphtheria, gelaja dari penyakit ini hampir mirip dengan radang tenggorokan.
Sedangkan penyakit tetanus disebabkan oleh bakteri Clostridium Tetani, bakteri tersebut bisa menyerang melalui luka dalam bentuk apapun. Dan penyakit pertusis disebabkan oleh bakteri Bordetella pertussis yang gejalanya seperti flu biasa dengan disertai batuk yang berlangsung lama. Imunisasi ini pemberiannya berbarengan dengan imunisasi polio.
source: http://bayi.co/merawat-bayi/imunisasi-yang-wajib-diberikan-pada-bayi/

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar