Cari Artikel

Sabtu, 06 Agustus 2011

Kiat Hadapi Wawancara Kerja

Kiat Hadapi Wawancara Kerja, Apakah yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi wawancara kerja? Sebaiknya kita mencari keterangan tentang perusahaan yang akan kita lamar. Semakin banyak yang kita ketahui tentang perusahaan tersebut,semakin baik kesan yang kita berikan.
Pikirkan juga pakaian yang akan kita kenakan sewaktu wawancara kerja. Jika yang sedang kita lamar adalah pekerjaan fisik,kenakanlah pakaian yang cocok,rapih,dan bersih. Kalau anda melamar pekerjan di kantor,pilihlah pakaian yang dianggap cukup resmi,misal memakai dasi dan kemeja lengan panjang. Pakaian serta dandanan yang rapih memberikan kesan kepada calon majikan bahwa kita memiliki rasa harga diri,sehingga kemungkinan besar kita akan dinilai menganggap penting pekerjaan kita oleh  perusahaan yang mewawancara.
Kesan Pertama Penting !
Sebaiknya datang ke tempat wawancara kira-kira 15 menit lebih awal. Tentu saja kurang bijaksana untuk datang terlalu awal,karena bisa membuat kita sedikit ‘lecek’ karena menunggu terlalu lama. Paling buruk adalah datang terlambat saat wawancara kerja. 3 detik pertama dari wawancara kita sangatlah menentukan. Pada saat itulah si pewawancara menilai penampilan dan cara kita membawakan diri,dan ini sangat mempengaruhi penilaiannya terhadap kita. Kalau kita terlambat,kita akan memberikan kesan yang teramat buruk. Ingatlah,tidak ada kesempatan lain untuk memperbaiki kesan pertama.
Rileks Saat Wawancara
interview
Untuk awal yang baik,tersenyumlah dan jabatlah tangan sambil menatap si pewawancara,kalau itu memang cara yang lazim didaerah kita. Selama wawancara,pusatkan perhatian pada hal-hal yang dibutuhkan sang majikan dari diri kita,dan nyatakan apa yang bisa kita berikan buat sang majikan. Jangan menunjukkan kegelisahan atau duduk terlalu santai(sikap tubuh yang baik menyiratkan rasa percaya diri). Jangan terlalu banyak bicara,dan yang pasti jangan menggunakan bahasa yang tidak senonoh. Selain itu,hindari sikap kritis berlebihan terhadap mantan majikan dan mantan rekan sekerja kita,bila kita pernah punya pengalaman kerja sebelumnya. Sikap negatif demikian bisa memberi kesan kepada si pewawancara bahwa kita juga akan bersikap negatif terhadap pekerjaan yang baru.
Sangat disarankan untuk melakukan kontak mata dengan pewawancara. Gunakan gerak isyarat yang wajar sewaktu kita berbicara,dan berbicaralah dengan pelafalan yang jelas. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dengan singkat dan jujur,dan ajukan pertanyaan yang relevan dengan perusahaan dan pekerjaan. Pada akhir sesi wawancara,nyatakanlah bahwa kita sangat antusias untuk mendapatkan pekerjaan itu.
Pewawancara Bukanlah Musuh !
Ingat juga bahwa si pewawancara bukanlah musuh kita yang akan ‘membantai’ kita saat wawancara. Kemungkinan besar mereka(pewawancara) juga pernah melamar untuk pekerjaan mereka di perusahaan itu,jadi mereka tahu bagaimana perasaan kita saat wawancara. Malahan mungkin juga si pewawancara gugup karena bisa jadi dia belum menerima cukup pelatihan untuk melakukan wawancara. Lagipula jika pewawancara adalah calon majikan anda(owner),mungkin dia akan gugup karena takut rugi bila salah mempekerjakan karyawan yang tepat untuk perusahaannya.
Pertanyaan-Pertanyaan Yang Biasa Diajukan Selama Wawancara
  • Ceritakan tentang diri anda
  • Mengapa anda melamar pekerjaan ini ?
  • Mengapa anda ingin bekerja ?
  • Anda bisa bekerja dengan mesin/aplikasi apa?
  • Keterampilan apa yang anda miliki ?
  • Pilihlah 5 kata yang tepat untuk mendeskripsikan diri anda
  • Apakah anda bisa bekerjasama dalam tim ?
  • Apakah anda bisa bekerja dibawah tekanan ?
  • Mengapa anda meninggalkan pekerjaan sebelumnya ?
  • Apa kelemahan diri anda ?
  • Apa rencana anda dimasa depan ?
  • Apa yang bisa anda berikan untuk kemajuan perusahaan ?
  • Berapa gaji yang anda harapkan ?
  • Kapan anda bisa mulai bekerja ?
Semoga jika mengikuti tips wawancara tadi dan juga dapat menjawab pertanyaan diatas,bisa membantu meraih pekerjaan yang diharapkan.

Artikel Terkait

1 komentar:

  1. mantab,,,nice article. Silakan mampir ke blog saya untuk mengetahui banyak hal lainnya mengenai tips interview, jenis-jenis interview, ratusan contoh pertanyaan interview beserta contoh jawabannya, dan masih banyak hal lainnya lagi yang bisa ditemukan.. sukses ya!

    BalasHapus

Monggo, Silahkan berkomentar