Cari Artikel

Selasa, 16 Agustus 2011

Wisata Bukit Kerang Aceh Tamiang

Wisata Bukit Kerang Aceh Tamiang, Objek wisata Bukit Kerang adalah situs archaelogical era Mesolithic ditemukan di Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, Indonesia.
Situs membentang sekitar 120 kilometer ke Tembung, bagian dari Medan di Sumatera Utara, di bagian selatan Kabupaten Aceh Tamiang. Dua situs telah diidentifikasi oleh Pusat Arkeologi Medan (Balai Arkeologi Medan). Selama ribuan tahun situs telah ditarik lebih jauh dan lebih jauh dari pantai. Jarak situs dari pantai sekarang adalah sekitar 10 hingga 15 kilometer. Para arkeolog yang pertama kali meneliti situs itu arkeolog Belanda di tahun 1920 ke tahun 1930-an.

Bukit Kerang Aceh Tamiang
Situs prasejarah dinamai “Bukit Kerang”, yang berarti “bukit kerang moluska”. Bagian paling penting dari itu adalah sebuah gundukan kerang yang besar, terbentuk dari massa kerang moluska. Prasejarah orang era Mesolithic (dating 5.000-7.000 tahun yang lalu) hidup oleh pantai timur Sumatera dan moluska adalah bahan makanan termudah yang bisa ditemukan. Setumpuk limbah kerang moluska dibangun dari waktu ke waktu. Ada juga tengkorak, brainpans dan tulang yang telah ditemukan di dalam situs. Salah satu gigi tengkorak itu terbuat dari hematit.Alamat Lokasi Bukit Kerang ini berada Desa Jambo Labu, Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang, Cara Menuju Lokasi Bukit Kerang ini anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat.Bukit Kerang ini juga terdapat di desa lainnya di Kabupaten ini yaitu di Desa Pangkalan, Kec.Kejuruan Muda, yang merupakan salah satu situs purbakala, dimana telah ditemukan fosil-fosil manusia purba yang telah hidup ribuan tahun yang lampau.
tempatwisataindonesia.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar