Cari Artikel

Jumat, 28 Oktober 2011

Jalan Kaki, Kurangi Pengeroposan Tulang

latihan rutin dapat mengurangi resiko patah tulang hingga 50 persen.

Penderita osteoporosis dapat dicegah dengan latihan rutin seperti jalan santai, lari cepat dan latihan berat. Cara ini terbukti efektif menyenbuhkan dan mencegah osteoporosis.

Para ahli tulang di Australia mengemukan latihan rutin tersebut dapat mengurangi resiko patah tulang hingga 50 persen. “Berdasarkan penelitian di Universitas Melbourne Australia pria maupun wanita berusia 60 tahun beresiko mengalami patah tulang,” ujar Head of Osteoporosis Australia, Judy Stenmark.

Sementara itu, Maria Fiatarone Singh, dari Kementerian Urusan Manula Australia menuturkan penyakit osteoporosis sangat membebani penderitanya baik secara fisik maupun finansial. Sayangnya, kata dia, penderita osteoporosis saat ini terus meningkat secara signifikan terutama pada para orang yang usianya sudah beranjak tua.
Latihan bagi para penderita osteoporosis, dia menjelaskan harus tepat terutama pada bagian otot lengan, otot batang tubuh bagian atas, bawah otot perut, otot sekitar pinggul, otot paha dan otot betis.

"Setiap latihan yang dilakukan pada otot memiliki kesulitan dan tantangan masing-masing,” kata Mari. Hal paling efektif dan terbaik untuk kesehatan tulang adalah jalan cepat, lari cepat dan latihan efektif serta rutin.
Jika kantor Anda masih bisa ditempuh dengan jalan kaki, buat apa naik mobil atau ojek? Lebih baik giatkan kembali jalan kaki.
• VIVAnews

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar