Cari Artikel

Jumat, 21 Oktober 2011

Manfaat Minyak Ikan pada Ibu Hamil

Minyak ikan ternyata punya manfaat yang besar bagi ibu hamil. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi minyak ikan selama kehamilannya menunjukan peningkatan terhadap kekuatan otak dan kemampuan berbahasa pada anaknya kelak. Hal tersebut didasarkan pada kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat dalam minyak ikan, dimana kandungan ini berkhasiat untuk meningkatkan sistem syaraf pusat janin.
Saat yang tepat untuk mulai mengkonsumsi minyak ikan pada ibu hamil yaitu pada trisemester akhir kehamilan. Dimana pada masa itu otak janin sedang mengalami pertumbuhan, dilanjutkan hingga beberapa bulan setelah bayi anda lahir. Penelitian lain juga mengemukakan bahwa mangkonsumsi minyak ikan Kod selama kehamilan bermanfaat meningkatkan berat tubuh bayi saat lahir, serta mengurangi resiko diabetes pada bayi.
Sebuah survey terhadap 98 wanita hamil menyatakan bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi minyak ikan setiap hari sejak usia kandungannya 20 minggu rata-rata menunjukkan kemampuan koordinasi yang lebih tinggi pada mata dan tangan anaknya, serta berbahasa yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang ibunya tidak mengkonsumsi minyak ikan selama kehamilan.
Untuk itu disarankan bagi para ibu hamil dan ibu menyusui untuk mengkonsumsi minyak ikan setiap harinya. Namun pastikan minyak ikan yang anda konsumsi bukan merupakan minyak ikan yang berasal dari ikan yang terdapat kandungan merkuri didalamnya, misalnya jenis ikan swordfish.
source: kafebalita.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar