Cari Artikel

Kamis, 20 Oktober 2011

Manfaat Minyak Ikan


Kandungan utama minyak ikan adalah Omega-3. Tubuh kita tidak dapat memproduksi sendiri Omega-3 untuk itu tubuh perlu mendapatkan suplemen tambahan. Jenis asam lemak Omega-3 yang bermanfaat bagi tubuh ada 2 jenis yaitu DHA dan EPA, yang keduanya terdapat di minyak ikan.
DHA merupakan asam lemak yang berfungsi untuk menjaga kesehatan saraf dan mata. EPA merupakan asam lemak yang menyehatkan jantung, menurunkan peradangan pembuluh darah dan mencegah depresi. Minyak ikan terbuat dari ekstrak hati ikan kod atau daging ikan halibut yang memang sangat bermanfatt bagi anak.
Manfaat Minyak Ikan menurut studi baru menunjukkan bahwa minyak ikan dapat membantu menurunkan tekanan darah pada anak dengan kelebihan berat badan. Selain itu juga mengkonsumsi minyak ikan dapat mencegah gangguan perilaku pada anak seperti rasa kecemasan. Hiperaktif pada anak diduga karena kekurangan asupan asam lemak Omega-3.
Minyak Ikan juga mengandung vitamin A dan vitamin D. Vitamin A itu sendiri berfungsi untuk membantu proses perkembangan mata dan kesehatan pencernaan. Vitamin D bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tingginya kadar vitamin A dan vitamin D pada minyak ikan sehingga untuk mengkonsumsi minyak ikan kita perlu berkonsultasi dengan dokter agar sesuai dengan kebutuhan anak baik dosis ataupun frekuensi pemberiannya.
Yang perlu diperhatikan adalah untuk penyimpanan dari minyak ikan ini, sebaiknya wadah selalu di tutup rapat dan diletakkan di tempat sejuk untuk menghindari oksidasi sehingga manfaat minyak ikan dapat terjaga dan konsultasikan ke dokter untuk mengkonsumsinya.
www.ibuanakbanget.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar