Cari Artikel

Kamis, 27 Oktober 2011

Olahraga yang Bisa Cegah Kanker Payudara

Olahraga yang Bisa Cegah Kanker Payudara, Olahraga meskipun tidak disukai banyak orang namun manfaatnya tidak diragukan lagi. Jika jantung terus terpompa dan otot berkontraksi, maka oksigen akan mengalir ke otak lebih banyak dan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan seimbang.

Tak hanya itu, banyak studi menemukan bahwa dengan olahraga teratur bisa mencegah berbagai penyakit, salah satunya kanker payudara. Wanita yang aktif berolahraga jarang yang mengidap kanker ketimbang yang tidak berolahraga, seperti dikutip dari National Institutes of Health.

Umur tidak menjadi masalah selama keinginan berolahraga itu tetap ada. Sampai saat ini, para peneliti masih belum menemukan bagaimana sistem kerja tubuh seseorang yang suka berolahraga bisa mencegah datangnya kanker payudara, namun diduga hubungannya ada pada kombinasi aktifnya hormon, berat badan, kadar gula, keluarnya keringat hingga otot yang terlatih.

Anda terlalu malas untuk melakukan olahraga? Buang jauh rasa malas itu dan cobalah tiga aktivitas sederhana ini dari She Knows:

1. Jalan
Terdengar simpel namun jika dilakukan terlalu santai, semua akan percuma. Ada baiknya jika seseorang menggunakan pedometer sehingga bisa menentukan target yang harus dicapai tanpa buang-buang energi. Bila Anda merasa sehat dan fit, maka tingkatkan intensitas berjalan dengan mempercepat langkah, seperti yang diungkapkan oleh Therese Iknoian, MS, penulis buku 'Fitness Walking'. Berjalan yang memacu kemampuan fisik lebih tinggi juga bisa dilakukan pada jalanan yang menanjak.

2.Yoga
Aktivitas ini memadukan latihan fisik dengan meditasi, sehingga manfaatnya lebih kepada mengurangi tingkat stress. Jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya, temukanlah satu gaya yang Anda suka dan biasakan diri terlebih dahulu. Gerakan hantha atau vinyasa bisa menjadi pemanasan sebelum beralih ke power yoga hingga Bikram (hot yoga).

3. Latihan Kombinasi
Kedua latihan di atas kurang menantang dan terkesan membosankan? Anda bisa melakukan latihan kombinasi di gym. Caranya dengan melakukan angkat beban ringan dengan latihan kardio intensitas rendah. Hal ini akan membakar lemak lebih cepat meskipun Anda telah menyelesaikan latihan.
source: wolipop.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar