Cari Artikel

Jumat, 21 Oktober 2011

Tips Mengganti Popok Sekali Pakai

diaper-change_edit.jpg
Terkadang orang tua baru tidak mengetahui bagaimana cara mengganti popok dengan baik dan benar, dan jika tidak dilakukan dengan benar, malah justru dapat menyebabkan bayi terkena iritasi pada kulit sampe ruam popok pada kulit bayi. Bagaimanakah cara mengganti popok dengan benar agar kulit bayi tidak teriritasi ataupun terkena ruam popok? Berikut ini adalah beberapa tips untuk para ibu baru dan ayah baru dalam mengganti popok. 
 
 

Siapkan semua peralatan, mengatur posisi bayi dan melepas popok


  • Sebelum mengganti popok, pastikan semua yang Anda butuhkan telah tersedia dan mudah untuk dijangkau selama mengganti popok. Peralatan yang dibutuhkan : popok baru, baby cream, tissue basah atau lap bersih, dan air bersih.
  • Baringkan bayi Anda, jika ia banyak bergerak atau berontak, cobalah untuk menyanyikannya sebuah lagu atau memberikannya mainan yang disukainya agar ia senang dan tidak berontak.
  • Bukalah celana atau bawahan bayi, dan lepaskan popok yang akan diganti, gunakan bagian depan popok untuk menyeka kotoran-kotoran yang tersisa, lalu bungkuslah popok kedalam kantong agar tidak berceceran kemana-mana.

Bersihkan dan oleskan baby cream

  • Bersihkan secara perlahan bagian bawah belakang bayi dengan menggunakan tissue basah atau lap bersih. Pastikan Anda menjangkau celah-celah dan lipatan, namun hindari membersihkan bagian dalam pada kelamin bayi perempuan.
  • Untuk membersihkan bagian belakang, angkat kaki bayi sedikit sampai bagian belakang dapat dibersihkan, untuk bayi perempuan sebaiknya menyeka dari arah depan ke belakang untuk menghindari infeksi pada kelamin perempuannya.
  • Oleskan baby cream untuk mencegah terjadinya iritasi atau ruam popok. 

Memakaikan Popok Baru


  • Bukalah popok dan perekat pada popok, angkat kaki bayi sedikit sampai popok dapat masuk ke bagian belakang bayi, pakaikan popok  dan rekatkan perekatnya seperti terlihat pada gambar diatas.
  • Setelah Anda memakaikan popok ke bayi Anda, cobalah taruh bayi kedalam bouncer atau ayunan untuk menenangkannya, buanglah popok yang telah kotor ke tempat sampah, dan jangan lupa untuk mencuci bersih tangan Anda.

Source : www.raisingchildren.net.au

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar