Cari Artikel

Kamis, 24 November 2011

Cakar Ayam Perbaiki Metabolisme

Bagi Anda yang memiliki anak usia bawah lima tahun (balita) kerap mendengar manfaat cakar ayam untuk ketahanan tubuh. Selain cakar ayam yang sebanarnya, ada juga jenis tanaman cakar ayam yang memiliki banyak manfaat termasuk menambah nafsu makan bagi anak. Cakar ayam disebut Selaginella doederleinii Hieron, termasuk ke dalam famili tumbuhan Selaginellaceae.  Tanaman itu juga dikenal dengan nama daerah rumput solo atau cemara kipas gunung.

Tumbuhan itu termasuk divisi Pteridophyta yaitu paku-pakuan. Banyak tumbuh pada tebing-tebing, jurang dan tempat-tempat teduh berhawa dingin, diketinggian < 750m dpl. 

Tampilannya terdiri dari batang tegak tinggi 15 - 35 cm, akar keluar pada percabangan.  Daunnya kecil-kecil, panjang 4 - 5 mm lebar 2 mm, bentuk jorong, ujung meruncing, pangkal rata, warna daun bagian atas hijau tua, bagian bawah hijau muda. Daun tersusun di kiri kanan batang induk sampai ke percabangannya yang menyerupai cakar ayam dengan sisik -sisiknya.

Kandungan kimia  tumbuhan cakar ayam  yang sudah diketahui antara lain Saponin, Phytosterol dan Alkaloid. Tumbuhan itu bersifat antipiretik (penurun panas), anti toxic, anti kanker (antineoplastik), hemostatik (menghentikan pendarahan), anti bengkak (anti oedem) dan pembersih darah serta stomakikum. Dalam farmakologi Cina, cakar ayam disebut memiliki rasa
manis dan sifat hangat.

Menurut Herbalis Klinik Karyasari, pada dasarnya segala jenis tumbuhan yang bermanfaat mengobati mempunyai fungsi memperbaiki jaringan tubuh, metabolisme. Sehingga tumbuhan obat tidak hanya bisa menyembuhkan penyakit, namun juga bisa memperbaiki metabolisme tubuh.

"Pemberian cakar ayam pada anak dapat menambah nafsu makan karena fungsinya untuk memperbaiki pencernaan, dengan air rebusan daun cakar ayam, tapi sekarang ini ekstrak cakar mudah didapat. Jadi lebih mudah memberikannya pada anak agar nafsu makannya bertambah," ujar Tati.

Berdasarkan  berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman cakar ayam dapat menyembuhkan penyakit-penyakit: Kanker  termasuk rahim, nasopharynx, paru, chorioepithelioma, choriocarcinoma. Ambil cakar ayam sebanyak60 gram. Rebus selama 3 - 4 jam dengan api kecil, minum setelah dingin. Infeksi saluran nafas  (batuk, radang paru, radang amandel atau tonsilitis, serak, bronchitis). Ambil tanaman lengkap 30 gram, direbus, minum. Jari tangan bengkak. Dilumatkan, tempel ke tempat yang sakit. Tulang patah termasuk fraktur dan rematik. Ambil tanaman 15 - 30 gramkering direbus, minum.  Untuk obat luar dilumatkan dan ditempelkan ke tempat yang patah, bila patahnya tertutup dan posisi tulang baik. Hepatitis, cholecytitis, cirhosis (pengecilan hati), perut  busung (ascites), infeksi akut saluran kencing. Rebus tanaman kering 15 - 30 gram selama 3 - 4 jam, minum.
republika.co.id

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar