Cari Artikel

Kamis, 24 November 2011

Kunyit Bisa Mencegah Alzheimer

Indonesia dikenal dengan kekayaan akan hasil bumi termasuk rempah-rempah. Salah satunya adalah kunyit atau curcuma lorga telah lama dikenal bermanfaat bagi tubuh.

Kunyit merupakan famili Zingiberange yang hidup pada ketinggian 1300-1600 m diatas permukaan laut. Tanaman ini berasal dari Bibnar, India yang kemudian dibudidayakan di Thailand, Amerika Tengah, China selatan, Filiphina dan Indonesia.

Manfaat kunyit sudah dikenal selama ribuan tahun untuk dikonsumsi baik sebagai bumbu masak maupun obat tradisional seperti jamu.

Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Biologi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), berhasil  menemukan khasiat lain kunyit yakni mencegah alzheimer atau kepikunan yang merupakan sejenis penyakit penurunan fungsi saraf otak yang kompleks dan progresif.

Menurut Rosela Idris dari Departemen Biologi FK UI, kandungan Kurkumin di dalam kunyit, diyakini dpat mencegah penyakit Alzheimer jika dikonsumsi sejak dini dalam bentuk obat maupun bumbu sayuran.

Komposisi yang terkandung dalam kunyit antara lain, protein, kalium, besi, fosfor, vitamin C dan kurkumin.

Selain mencegah alzeimer, kunyit juga bermanfaat sebagai anti oksidan, mengobati kOlesterol dan trigeserol, menyembuhkan radang lambung akut dan kronis, mengatasi rematik dan encok, mengobati diabetes melitus dan mencegah kanker Usus serta mencegah sekaligus mengobati katarak.
republika.co.id

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar