Cari Artikel

Senin, 21 November 2011

Mempersiapkan Bekal Si Kecil

Salah satu cara untuk menjaga agar anak tidak jajan sembarangan adalah dengan membekalinya dengan makan siang. Makan siang anak-anak bisa apa saja, tetapi yang perlu kita lakukan adalah menjaga agar kotak makan siang anak-anak kita tetap bersih dan sehat.
Ini ada beberapa tips untuk mempersiapkan makan siang anak-anak yang sehat:
  1. Pilihlah makan siang anak yang tidak mudah rusak, seperti roti-rotian atau jagung manis rebus dan bakar.
  2. Kalau memang anak lebih suka makan nasi, bisa pisahkan nasi putih dengan lauknya supaya jika lauknya rusak, yang lain masih bisa dimakan.
  3. Jika membekali anak dengan sayur-sayuran mentah dan buah-buahan, jangan lupa mencucinya bersih-bersih. Cuci buah-buahan juga walaupun buah tersebut masih berkulit.
  4. Jika bunda bekerja mau menyiapkan bekal malam sebelumnya dan makanan yang disiapkan mudah rusak, jangan lupa simpanlah makanan tersebut di kulkas yang bersuhu paling tidak 4 derajat celcius untuk mencegah bakteri tumbuh didalam makanan tersebut.
  5. Beri tahu si kecil untuk memakan bekal yang mudah rusak dulu dan menyimpan yang tidak mudah rusak untuk dimakan kemudian.
  6. Jika anak anda sudah pulang dari sekolah, rendam kotak makan siang si kecil dalam air hangat yang bercampur sabun. Jangan lupa, sebelum menyiapkan makan siang anak, bunda juga harus membersihkan tempat dimana bunda akan menyiapkannya supaya makan siang si kecil tidak terkontaminasi air mentah, bakteri dan jamur dari peralatan yang tidak bersih.
  7. Jangan lupa ajarkan anak anda untuk selalu mencuci tangan dengan sabun setiap sebelum dan sesudah makan.
Selamat menyiapkan makan siang anak anda ya, bunda.
Sumber: HealthDay News

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar