Cari Artikel

Senin, 21 November 2011

Olahraga Disaat Hamil

Olahraga yang Aman di saat Kehamilan

Pada saat hamil apakah kita memerlukan olahraga?
Jawabnya adalah ya! Olahraga sangat diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga melatih otot agar kita kuat pada saat proses melahirkan nanti. Selain itu dengan berolahraga kita juga akan lebih mudah untuk mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan nanti.
Pada saat hamil olahraga memang diperlukan, namun bukan berarti kita harus mati-matian membakar lemak. Kita harus mencari jenis olahraga yang aman untuk kita dan bayi dalam kandungan. Jangan melakukan olahraga yang terlalu berat atau mempunyai resiko besar untuk terpeleset atau jatuh, seperti bersepeda, atau lari cepat.
Berikut adalah beberapa olahraga yang aman dilakukan oleh wanita hamil:
  • Jalan kaki. Jalan kaki merupakan olahraga cardiovascular terbaik untuk wanita hamil, karena membuat kita tetap fit tanpa memberikan beban yang terlalu berat ke lutut dan pergelangan kaki.
  • Jogging. Jika kehamilan tidak mengalami masalah olahraga ini boleh dilakukan, karena dapat meningkatkan aliran darah ke jantung dan keseluruh tubuh
  • Renang. Olahraga renang ini dinilai sangat aman untuk wanita hamil. Dengan berenang semua otot akan bergerak, dan juga beban akan berat badan tubuh tidak terlalu terasa karena terbantu dengan tekanan air
  • Yoga. Dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan relaksasi
  • Senam hamil. Biasanya diarahkan oleh instruktur yang sudah berpengalaman, sehingga aman, dan diarahkan untuk melakukan gerakan-gerakan yang dapat membantu proses melahirkan nanti.
infoanak.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar