Cari Artikel

Sabtu, 03 Desember 2011

Protein Tahu sebanding Dengan protein Daging

Jika Anda bukan penggemar daging atau justru ingin mengurangi konsumsi daging tetapi bingung darimana sumber protein penggantinya, jangan khawatir! Ternyata tahu dapat menjadi alternatif sumber protein Anda.
      Menurut pakar nutrisi David L. Katz, MD dari Yale University School of Medicine, tubuh manusia memerlukan 4 gram protein setiap harinya per setengah kilogram berat badannya. Makanan-makanan yang mengandung protein lengkap tersebut biasanya berasal dari sumber hewani seperti daging, ikan dan produk-produk susu. Sedangkan buah, sayur dan biji-bijian cenderung tidak lengkap kandungan proteinnya.
      Sebuah makanan dinyatakan sebagai sumber protein komplit apabila mengandung sembilan asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk membentuk protein yang membantu mempertahankan kekuatan otot, tulang dan organ-organ tubuh. Berbeda dengan asam amino lainnya, kesembilan asam amino ini tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan harus didatangkan dari makanan.
      Tahu mengandung semua asam amino esensial yang dikandung daging, meskipun dalam jumlah yang lebih sedikit. Kedelai sebagai bahan dasar pembuat tahu sangat kaya akan protein berkualitas tinggi. Karena itu, jika Anda vegetarian, tidak perlu lagi mencemaskan sumber pengganti asupan protein Anda, disamping Anda juga mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan padi-padian. Menggunakan produk-produk kedelai sebagai alternatif untuk mengurangi konsumsi daging akan bermanfaat bagi kesehatan, khususnya jika daging yang biasa Anda konsumsi kaya akan lemak jenuh.
melindahospital.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar