Cari Artikel

Sabtu, 03 Desember 2011

Rawat Gigi Bayi Sedari Dini

Saat Anda melihat si kecil telah menunjukkan deretan alat pengunyah pertamanya dalam mulut, Anda pasti sangat senang dan bisa memulai berkata, "Dedek, mana giginya ?" Lucunya si kecil dengan gigi-giginya ketika ia tersenyum manis dan lucu. Dan sebagai orang tua, sudah menjadi tugas Anda untuk menjaga agar gigi si kecil tetap memancarkan senyuman terbaiknya yang sehat.
Pentingnya gigi si kecil
Gigi pertama anak Anda akan muncul saat usianya menginjak antara 6-12 bulan. Biasanya, Gigi yang pertama kali ia miliki adalah gigi seri tengah atas atau bawah. Meskipun gigi-gigi pertama ini akan digantikan oleh gigi-gigi yang permanen nantinya, sangat penting untuk menjaganya sejak dini. Gigi-gigi kecil tersebut akan sangat membantu anak Anda untuk belajar berbicara dan mengunyah, dan menjadi fondasi kerja untuk gigi dewasa nantinya.
Mulailah dengan kebiasaan baik
Begitu gigi-gigi si kecil mulai tampak, Anda harus rajin membersihkannya paling tidak satu kali sehari. Untuk sang bayi, Anda bisa menggunakan kain lap yang lembut atau sikat gigi ukuran bayi dan air biasa yang matang. Anda tidak perlu menggunakan pasta gigi sampai ia berumur dua tahun. Saat itulah ia bisa memulai membersihkan giginya dengan sedikit fluoride saja.
Perlu Anda ingat, jangan sampai Anda membiarkan si kecil tertidur saat ia minum susu atau jus dengan botol. Hal ini dapat menyebabkan cairan manis untuk terkumpul di dalam mulutnya. Cairan ini dapat berubah menjadi asam dan dapat menyebabkan kerusakan gigi dan rongga, atau yang biasa disebut sebagai karies.
Konsultasi dengan dokter gigi anak
Bawalah si kecil untuk bertemu dengan spesialis gigi anak di ulang tahun pertamanya. Para dokter ini hanya menerima anak-anak sebagai pasien mereka dan hanya akan berurusan dengan si kecil dan orang tua mereka karena biasanya anak-anak merasa canggung bila harus bertemu dengan dokter gigi begitu juga orangtuanya. Apalagi, baisanya para dokter gigi khusus anak ini memiliki ruangan yang lebih bersahabat dibandingkan dokter gigi dewasa.
Dokter gigi akan memeriksa gigi dan gusi anak Anda, setelah itu, dokter gigi akan menjawab semua pertanyaan yang ingin untuk Anda tanyakan tentang cara yang tepat untuk membersihkan gigi anak Anda. Juga, mereka akan memberikan informasi mengenai perawatan atau suplemen fluoride yang cocok untuk si kecil. Anak Anda mungkin memerlukan florida tetes setelah ia menginjak usia enam bulan, namun itu tergantung kandungan florida dalam air Anda dan alangkah lebih baiknya bila Anda mekonsultasikannya dulu dengan dokter.
Utamakan nutrisi yang baik untuk si kecil
Minum susu dengan menggunakan botol sebelum tidur bukan satu-satunya penyebab yang bisa merusak gigi anak Anda. Terlalu banyak makanan olahan yang mengandung gula pun tidak baik untuk gigi Anda. Berikan lebih banyak buah-buahan dan sayuran saat anak Anda mengudap, selain makanan ringan lain seperti kue dan kerupuk.
      Meskipun rasanya aneh memang bila Anda harus merawat gigi si kecil meskipun ia hanya memiliki beberapa, namun ini memang sebaiknya dilakukan sejak dini. Kunjungan ke dokter gigi yang lebih awal akan membantu Anda dan si kecil untuk merasa nyaman karena telah memiliki pengalaman sebelumnya. Setelah Anda dan si kecil tahu apa yang harus dilakukan, kunjungan selanjutnya akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Menjaga gigi si kecil sejak dini akan tetap membuat senyum si kecil manis, lucu dan terutama, sehat. 
melindahospital.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar