Cari Artikel

Minggu, 20 November 2011

Mau Bahagia? Cari Kesibukan

Individu yang menjaga kesibukan, bahkan kesibukan yang seolah tanpa tujuan, cenderung menjadi lebih bahagia ketimbang mereka yang tidak sibuk. Kesimpulan itu didapat dari hasil penelitian yang dilakukan pakar dari University of Chicago dan Shanghai Jiaotong University yang dipublikasikan jurnal Psychologigal Science beberapa waktu lalu.

"Fenomena umum yang kami tertarik padanya adalah mengapa orang-orang dalam masyarakat modern begitu sibuk melakukan apa yang mereka lakukan. Orang-orang sibuk, bekerja keras, melampaui kebutuhan dasar mereka," ujar anggota peneliti Christopher K. Hsee.

Sebanyak 98 sukarelawan yang ikut dalam penelitian tersebut diminta menyelesaikan survei. Usai survei pertama mereka diminta menunggu selama 15 menit sampai survei berikutnya dilakukan. Mereka diberikan pilihan mengembalikan survei pertama yang telah komplet itu pada lokasi yang dekat dan tidak melakukan apa-apa sampai 15 menit berlalu. Atau mereka mengembalikan survei pada lokasi yang jauh dengan berjalan kaki. Apapun pilihan yang dipilih, mereka dihadiahkan coklat sampai survei berikutnya diberikan pada mereka. Partisipan yang memilih pilihan kedua dengan berjalan menuju lokasi pengembalian survei yang jauh terlihat lebih bahagia ketimbang yang pertama.

Sayangnya 68 persen lebih partisipan lebih memilih menetap. Karena itu Christopher menyarankan siapapun untuk mencari aktivitas yang bisa menyibukan diri. Beraktivitas bisa lebih membuat bahagia dan itu jauh lebih baik ketimbang diam. "Bangkitlah dan lakukan sesuatu. Apa saja. Bahkan jika apa yang Anda lakukan itu tidak ada gunanya sekalipun, Anda akan merasa lebih baik dengan itu," sarannya.

Dia menambahkan pemerintah bisa lebih meningkatkan kebahagian rakyatnya dengan memberikannya aktivitas. "Jika kita dapat merancang sebuah mekanisme untuk seorang penganggur untuk terlibat dalam suatu aktivitas yang tidak membahayakan, kami pikir itu lebih baik daripada kesibukan yang destruktif," ujar Christopher.
tempointeraktif.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo, Silahkan berkomentar